Setiap Tangisan Si Kecil Mempunyai Makna, Apakah Bunda Menyadarinya?



Tangisan si Kecil Punya Makna
Seorang bayi adalah titipan Allah yang harus dijaga dengan baik oleh orang tua. Sebuah kebahagiaan luar biasa ketika seorang bayi datang dalam kehidupan ayah bunda. Setiap hari, bahkan setiap saat ayah bunda selalu diselimuti kegembiraan. Kegembiraan ini jangan membuat ayah bunda larut, karena ada banyak masalah yang akan dihadapi setiap orang tua, apalagi bagi orang tua baru yang baru memiliki satu anak/ anak pertama.  

Masalah utama yang akan dihadapi ayah bunda adalah tangisan bayi. Tangisan bayi ini terdengar sama setiap saat, apabila diperhatikan dengan seksama dan teliti, tangisan bayi itu berbeda-beda. Tangisan yang dikeluarkan bayi berdasarkan apa yang dibutuhkan bayi. Tangisan bayi ini seakan ia berbicara dengan ayah bunda.

Perlu ayah bunda ketahui bahwa Dr. Adhiatma Gunawan adalah perintis DBL (Dustan Baby Language) di Indonesia. Ada 5 bahasa bayi berdasarkan DBL, yaitu:

1.  “Neh”
Artinya lapar. Kenali suara “neh” ini dengan mendengar sisipan huruf N pada tangisannya menggerakkan lidah ke langit-langit mulut, menghisap jari atau kepala tangannya, dan menjilat bibirnya.

2. “Owh”
Artinya lelah. Suara “owh” pada dasarnya merupakan bunyi yang dihasilkan ketika menguap,gerakan bayi gelisah, mengusap-usap mata.

3.   “Eh”
Artinya ingin sendawa. Frekuensi tangisan “eh” diuc apkan lebih cepat dan pendek, dada mengencang, gerakan menggeliat ketika diletakkan di tempat tidur dan mulai gelisah.

4.  “Eairh”
Artinya angin di perut. Tangisan ini terdengar keras dan nampak kesakitan, kaki bayi yang mengejang dan ditarik ke perut, tubuhnya menjadi kaku dan jerit tangisan yang merintih kesakitan.

5.  “Heh”
Artinya tidak nyaman. Tangisan “heh” biasanya terengah-engah dan ada penekanan pada huru H di awal katanya.bila terdengar tangisan ini, sebaiknya ayah bunda memerika kondisi bayi, apakah  bayinya kepanasan, kedinginan, atau popok yang kotor dan harus diganti.

Kelima bahasa bayi di atas merupakan bahasa bayi universal/ bahasa untuk semua bayi di dunia. Untuk ayah bunda, mengenal bahasa bayi ini merupakan solusi yang sangat tepat untuk bisa memahami apa kemauan seorang anak melalui tangisan.



Popular Posts