Bunda yang Baru Melahirkan Wajib Mengetahuinya

Tempat Penitipan Anak di Pekanbaru
Tips Setelah Melahirkan
Jika Anda adalah ibu muda yang baru saja melahirkan si buah hati, bahagia pastilah perasaan yang sedang Anda rasakan saat ini. Namun, ada beberapa perubahan yang perlu Anda perhatikan juga agar proses berikutnya menjadi semakin lancar. Berikut adalah tips setelah melahirkan yang sebaiknya Anda kenali:

1) Beri waktu bagi tubuh Anda utk beristirahat.
Tergantung proses dan pengalaman melahirkan Anda, bisa jadi Anda segera bugar kembali setelah melalui persalinan. Namun,
beberapa ibu mungkin butuh waktu lama untuk pulih dari rasa sakit dan nyeri, terutama jika melahirkan secara caesar.
Penting untuk mengijinkan tubuh Anda sembuh dengan lajunya sendiri. Istirahat, makan baik, serta mengamati tanda-tanda infeksi atau komplikasi post-natal adalah wajib bagi tubuh Anda. Jika hal ini sulit karena sang buah hati harus mulai disusui tiap dua jam sekali dan buang air sangat sering, antisipasilah dengan mengundang anggota keluarga seperti ibu, mertua, atau saudara perempuan untuk membantu Anda dalam masa-masa awal ini. Ibu yang telah berpengalaman biasanya senang membantu dalam masa ini.

2) Waspadai perubahan emosi.
Melahirkan adalah pencapaian luar biasa, dan setiap ibu punya respon berbeda-beda. Anda kemungkinan akan merasa puas dan bahagia. Namun, bisa jadi Anda akan merasa memar, lelah, bahkan depresi. Beberapa ibu juga bisa mengalami baby blues dan depresi pasca-kelahiran yang lebih serius. Jika Anda mengenali adanya gejala-gejala seperti rasa sedih, bersalah serta perubahan mood yang akut, segeralah berbicara kepada dokter Anda untuk mendapat bantuan.

3) Kenali bahwa menyusui tidak selalu mudah.
Menyusui sang buah hati walaupun alamiah tidak berarti akan selalu mudah. Anda mungkin bisa mengalami masalah seperti puting yang perih, sang anak yang menolak disusui, atau bahkan meminta disusui pada tengah malam. Berdiskusilah dengan orang tua atau wanita lain yang sudah pernah mengalami masa-masa ini. Baca juga buku-buku dan panduan menyusui sang buah hati untuk menyempurnakan teknik Anda.

Selain hal-hal tersebut, setiap lingkungan dan keluarga biasanya memiliki kebiasaan dan tradisi berbeda pada 40 hari pertama setelah kelahiran. Ibu Anda bisa jadi akan memberi pijat spesial atau memasakkan masakan tradisional untuk ibu-ibu baru. Dengarkanlah berbagai nasehat dari orang yang lebih tua di keluarga Anda mengenai latihan penyembuhan dan mungkin ritual-ritual menarik terkait kelahiran. Jika Anda merasa keterbatasan tradisional terlalu sulit untuk diikuti, bicarakanlah secara terbuka.

Tempat Penitipan Anak di Pekanbaru yang Aman, Nyaman, dan Edukatif KLIK DISINI

Popular Posts