Beberapa Persiapan Ini Wajib Dilakukan Selagi Menanti Masa Kehamilan

Jika Anda adalah pasangan suami isteri baru, tentu mempersiapkan kehamilan adalah salah satu hal yang tengah menjadi prioritas Anda. Apabila Anda dan pasangan merasa sudah siap untuk memiliki sang buah hati, langkah berikutnya adalah melakukan berbagai hal agar kehamilan Anda lancar.
Tempat Penitipan Balita di Pekanbaru
Masa Kehamilan

Berikut adalah tips persiapan hamil yang bisa Anda jadikan salah satu acuan:


1. Diskusikan dengan dokter Anda. 
Memang masih belum saatnya Anda mengecek kandungan atau mempersiapkan kelahiran, namun berdiskusi dengan dokter, dokter kandungan atau bidan adalah hal yang penting sebelum Anda mulai hamil. Lakukan screening menyeluruh terhadap kesehatan Anda serta ceritakan sejarah keluarga dan penyakit Anda dan pasangan. Hal ini penting untuk memastikan resiko yang akan dialami Anda dan calon buah hati serta pencegahan atau penanganannya agar calon ibu dan anak sehat. Dokter Anda juga akan membantu Anda mendiskusikan pola makan, olahraga, serta kebiasaan buruk yang mungkin Anda lakukan (seperti merokok atau mengkonsumsi alkohol). Tentu, Anda harus menghentikan kebiasaan ini jika menginginkan buah hati yang sehat.

2. Konsumsi asam folat 
Dengan mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap harinya setidaknya sebulan sebelum Anda mencoba melakukan pembuahan dalam selama trisemester pertama, Anda bisa memotong resiko memiliki bayi dengan kelainan tuba neural seperti spina bifida hingga 50-70 persen.

3. Stok makanan sehat di kulkas Anda. 
Walaupun Anda belum makan untuk dua orang saat ini, Anda harus mulai membuat pilihan makanan bernutrisi agar tubuh Anda disuplai dengan nutrisi yang Anda butuhkan untuk kehamilan sehat. Setidaknya, konsumsilah dua cangkir buah dan dua setengah cangkir sayuran setiap hari, serta makanan whole grain (seperti gandum utuh) dan minuman yang tinggi kalsiumseperti susu atau yogurt. Selain itu, penting juga mengkonsumsi berbagai sumber protein seperti buncis, kacang-kacangan, unggas, serta produk kedelai.

4. Buat dan ikuti program olahraga secara teratur. 
Buatlah rencana kebugaran mulai dari sekarang dan ikutilah rencana tersebut. Anda akan mendapatkan badan sehat yang pas untuk kehamilan. Program latihan sehat melibatkan latihan sedang 30 menit atau lebih seperti berjalan, bersepeda, atau angkat beban. Untuk meningkatkan fleksibilitas, lakukan peregangan atau yoga. Jika Anda tidak biasa berolahraga, mulailah dengan hal ringan seperti berjalan kaki 10-20 menit setiap hari. Jika Anda telah hamil, Anda tetap bisa melanjutkan berolahraga yang sesuai.

5. Pertimbangkan masalah keuangan. 
Segera setelah Anda hamil dan melahirkan, tuntutan ekonomi akan berubah. Mungkin produktivitas ibu juga akan berubah. Pertimbangkan dan tabung sejak dini untuk hal-hal seperti perkakas dan konsumsi anak, kebutuhan perawatan atau penitipan anak, serta biaya pendidikan di masa depan.


Klik Disini untuk informasi Tempat penitipan Anak yang Dibatasi Serta Kegiatan Anaka di Penitipan Terpantau CCTV 

Popular Posts