Tips Merawat Buah Hati Dengan Aman dan Hati-hati

Tempat Penitipan di Pekanbaru
Merawat Bayi dengan Aman dan Hati-hati
Bayi adalah anugerah bagi tiap orangtua yang membawanya ke dunia. Melahirkan seorang bayi menimbulkan perasaan bangga dan lengkap bagi orangtua. Untuk membuat Anda semakin mudah merawat bayi baru lahir, berikut kami sajikan beberapa saran yang bisa menjadi pertimbangan Anda. 

1) Sentuh bayi dengan hati-hati. 

Sebelum menyentuh sang buah hati, bersihkan tangan Anda menggunakan air dan sanitizer. Bayi yang baru lahir belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga selalu pastikan tangan Anda bersih. 


Berhati-hatilah dalam membawa bayi Anda. Selalu sangga kepala sang bayi jika Anda
menggendongnya dalam posisi tegak atau ketika Anda membaringkannya. Jangan pernah mengguncang bayi Anda, baik main-main atau jika Anda frustasi. Ingatlah bahwa bayi yang baru lahir belum siap untuk permainan keras seperti diayunkan di kaki. Mengguncangkannya dengan kencang bisa menyebabkan pendarahan di otak yang berujung kepada kematian. Jika Anda ingin membangunkan bayi Anda, gelitiklah dengan lembut di kaki atau tiuplah sekitar pipinya. 


2) Memberi popok bayi yang bersih. 

Apa pun jenis popok bayi favorit Anda, kain atau popok sekali pakai, si kecil akan mengotori popok tersebut sekitar 10 kali sehari. Setiap bayi Anda buang air besar atau jika popoknya basah, baringkan sang bayi dan lepaskan popok kotor itu. Gunakan air, kapas dan kain atau tisu lembut untuk membersihkan area kelamin dan pembuangan bayi Anda. Ketika melepas popok, lakukanlah dengan hati-hati karena paparan udara bisa membuatnya mengucurkan air seni. Jika bayi Anda wanita, selalu pastikan mengelap area duburnya dari depan ke belakang untuk menghindari infkesi area kelamin. Untuk menghindari gatal-gatal atau merah-merah akibat iritasi popok, gantilah dengan sering. 

3) Menyusui buah hati Penting bagi buah hati untuk mendapatkan air susu eksklusif dari ibunya. 

Baik menyusuinya dengan ASI maupun dengan susu botol, penting untuk mengenali berapa sering Anda harus melakukannya. Beberapa ahli merekomendasikan bahwa bayi disusui sesuai tuntutan- setiap mereka terlihat lapar. Penandanya bisa jadi lewat tangisan, memasukkan jari ke dalam mulut, atau mengeluarkan suara-suara seperti tengah menyedot susu. Bayi yang baru lahir butuh disusui tiap 2-3 jam sekali. Setiap menyusui butuh sekitar 10-15 menit jika Anda memberinya ASI. Beberapa bayi mungkin butuh dibangunkan tiap beberapa jam untuk memastikan ia mendapat nutrisi dengan jumlah pas. 

Selain beberapa tips di atas, hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan saat merawat bayi adalah cara memandikan dan menidurkan sang buah hati. Sebagai makhluk mungil yang belum lama lepas dari perlindungan kandungan ibu, si kecil butuh perlakuan ekstra hati-hati.


KLIK DISINI untuk informasi Jasa Penitipan Anak Aman, Nyaman dan Edukatif
Untuk Mengenali Tangisan Bayi, Bisa Klik Disini

Popular Posts