Mengatasi Bayi Sulit Makan

Tempat Penitipan Anak Aman, Nyaman, dan Edukatif
Mengatasi Bayi Sulit Makan
Apakah buah hati ayah bunda sudah memasuki usia 6 bulan? Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan sudah bisa diberikan makanan pendamping selain ASI. Makanan pendamping ini biasa disebut dengan MPASI. Sebagai orangtua baru, ayah bunda harus mensiasati makanan pendamping seperti apa yang tepat pada usia buah hati ayah bunda. Tidak hanya disukai buah hati anda, tetapi juga memenuhi gizinya dan tahu bagaimana cara mengatasi bayi yang sulit makan.

Biasanya bayi mulai mengalami sulit makan saat usia 10-12 bulan. Bayi sudah semakin besar dan sistem pencernaannya sudah semakin kuat. Kemampuan eksplorasinya juga semakin bertambah, sehingga bayi menjadi lebih tertarik kepada mainan atau bermain dibandingkan dengan makanan. 

Selera makan bayi yang berkurang bisa disiasati dengan
membuat MPASI dalam bentuk wadah penyajian yang menarik. Dengan cara ini, biasanya bayi akan tertarik dan nafsu makan akan meningkat. MPASI juga sebaiknya dibuat dengan bahan yang bervariasi agar bayi tidak bosan dan asupan gizinya semakin lengkap. 

Gangguan kesehatan juga seringkali membuat bayi menjadi sulit makan. Konsultasikan dengan dokter untuk dicari dan diobati penyakitnya sehingga bayi akan sehat kembali dan selera makannya kembali pulih. 

Berikanlah variasi menu MPASI agar bayi tidak bosan dan mendapatkan asupan gizi yang lengkap. Variasi menu juga membuat bayi mengenal beragam rasa. 

Mulailah dari makanan yang bertekstur cair – saring – bubur – lunak, sehingga semi padat. Saat makan, perhatikanlah reaksi bayi. Jika terjadi gejala alergi, segeralah ganti dengan menu lain yang lebih bisa diterima oleh tubuh bayi. Berikan menu baru sedikit demi sedikit, dan liahat reaksinya. Jika bayi menyukainya, porsi bisa ditambah. Lakukanlah perubahan menu 7 hari agar bayi tidak bosan. 

Sejak kecil biasakanlah membuat pola makan yang baik untuk bayi. Sehingga nantinya akan terbawa atau terbiasa sampai dewasa. Agar terbiasa dengan pola makan yang baik, buatlah jadwal pemberian MPASI yang teratur.

Mencari Tempat Penitipan Anak di Pusat Kota Pekanbaru?

Resep Kaldu Untuk MPASI ada disini

Popular Posts