Pada Usia Berapa Anda Mulai Bisa Menitipkan si Buah Hati di Tempat Penitipan?

Tempat Penitipan Anak di Pekanbaru
Tempat Penitipan
Beberapa instansi memang memberikan cuti melahirkan kepada para karyawatinya. Namun, cuti tersebut paling lama hanya sekitar tiga bulan. Setelah tiga bulan cuti ini berakhir, pasangan dimana ayahbunda sama-sama bekerja mungkin akan menghadapi sebuah pertanyaan besar: apakah sang buah hati sudah siap dirawat di tempat penitipan anak

Sebenarnya, anak-anak dengan usia sangat dini (di bawah dua tahun) berada dalam sebuah masa perkembangan yang sangat rentan. Lingkungan kelompok bisa menimbulkan stress terhadap beberapa bayi pada usia ini, walaupun tidak seluruhnya. Suara berisik, sulitnya dipahami oleh pengasuh, kompetisi memperebutkan mainan, harus menyesuaikan kebutuhan dengan jadwal, dan beberapa hal lain bisa menjadi faktor resiko bagi bayi. 

Bayi pada usia ini membutuhkan sebuah “Bintang Utara” atau “pemandu” yang secara alamiah adalah orangtua mereka. Secara alamiah, anak-anak berusia di bawah dua tahun bisa bergaul dengan anak-anak lain satu atau dua jam setiap waktu. Namun kemudian, anak-anak ini membutuhkan “mengisi bahan bakar” mereka kembali baik
secara fisik maupun emosional dengan cara kembali ke sang bunda, terutama karena mereka masih menyusui. 

Namun, peran sang bunda sebagai “obyek kelekatan” sebenarnya bisa digantikan oleh pengasuh di
tempat penitipan bayi. Inilah yang juga terjadi pada setiap anak selama mereka berada di sekolah. Secara sementara, mereka “mentransfer” kelekatan mereka dari sang bunda kepada guru. Namun, kelekatan ini biasanya bersifat sementara dan tidak aman karena adanya kompetisi perhatian dari teman sebaya dan karena peran mereka yang tidak permanen di kehidupan sang anak. 

Jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja dan harus menitipkan bayi Anda di daycare, pilihlah tempat penitipan bayi yang bisa mengakomodasi kebutuhan anak ini. Saat ini, ada banyak tempat penitipan bayi dengan rasio pengasuh dibanding bayi adalah 1: 2-3. Semakin sedikit jumlah bayi yang dirawat oleh sang pengasuh adalah hal yang semakin baik. Pasalnya, anak juga akan semakin mendapatkan perhatian yang dibutuhkannya. 

Selain itu, pastikan juga bahwa usia anak Anda dengan kelompoknya tidak terlampau jauh. Jadi, jika bayi Anda berusia enam bulan misalnya, pilihlah tempat penitipan anak yang memang secara khusus menyediakan layanan bagi bayi dengan kelompok usia di bawah 1 tahun.


Anda membutuhkan jasa penitipan anak?
klik disini untuk informasi tempat penitipan anak yang dibatasi serta kegiatan anak terpantau CCTV.

Popular Posts