4 Fakta Musik Mencerdaskan Anak

Tempat Penitipan Balita di Pusat Kota Pekanbaru
Musik Mencerdaskan Anak
Musik mencerdaskan anak. Pasti pernyataan yang satu ini sudah tidak asing di telinga anda. Tapi, mungkin ayah bunda bertanya-tanya, bagaimana persisnya musik bisa mencerdaskan anak? Fakta-fakta berikut ini bisa memuaskan keingintahuan ayah bunda

1. Fakta pertama : Tiap anak terlahir dengan naluri musik 
Sebenarnya, anak sudah mengenal musik sejak di dalam kandunga. “Degub jantung Bunda sudah bagaikan alunan musik perkusi di telinga janin”, kata Chepy Soemirat, Seminator Musik Ensamble dari Yamaha Musik Indonesia, Jakarta. Ya, disekitar bulan ke-4 kehamilan, janin sudah mampu mendengar ‘musik’ di dalam tubuh Bunda. Menginjak bulan ke-7, organ pendengaran si kecil kian berkembang dan ia mulai mengenali berbagai suara. selanjutnya, 


2. Fakta kedua :Musik baik untuk otak 
Baik dalam kandungan, semasa bayi maupun kanak-kanak, musik membantu sel-sel saraf otak membentuk berbagai koneksi yang bisa membantu kita memahami bahasa. Musik juga menyeimbangkan kedua belahan otak: belahan kiri (memungkinkan kita untuk berjalan dan berbicara) dan belahan kanan (memungkinkan kita melakukan hal-hal kreatif). Bermusik mengaktifkan kedua belahan ini, dan belum ada aktifitas lain yang member efek serupa. 

3. Fakta ketiga : Bakat Bermusik Bukan Segalanya 
Bakat musik yang diturunkan ternyata hanya menentukan 20% keberhasilan anak. Sisanya? Lingkungan keluarga berperan. Anak berbakat belum tentu bisa menonjol jika musik jarang diperdengarkan di rumah. Sebaliknya, anak yang tidak punya darah musik di keluarga bisa saja mengembangkan naluri musik yang peka, jika orangtuanya rajin memberi stimulasi sejak kecil. Dan ingat, 90% kunci keberhasilan bermusik adalah latihan. Umumnya, anak hanya bertemu guru satu jam dalam seminggu. Jadi latihan rutin di rumah penting. Sebentar saja, sekitar 15-20 menit sehari. 

4. Fakta keempat : Bunda, guru music pertama si kecil 
Meski darah musik mungkin tidak mengalir dalam diri ayah bunda, anda tetap menjadi ‘guru musik’ pertamanya. Senandung lembut saat membuai si kecil, atau lagu riang yang anda nyanyikan saat bermain dengannya, semua ini berperan besar dalam mengasah naluri musik anak.


Ayah Bunda Mencari Jasa Penitipan Anak yang Aman, Nyaman dan Edukatif Untuk si Buah Hati?

Popular Posts