Biarkan Buah Hati Ayah Bunda Bermain Bersama Teman-Teman

tempat penitipan anak aman, nyaman, dan edukatif
Bermain Sambil Brlajar
Usia kanak-kanak merupakan usia dimana mereka banyak ingin tahu dan banyak bertanya. Mereka selalu ingin bermain sepanjang hari, sampai Ayah Bunda tidak sanggup menemaninya karena mulai lelah. Apakah Ayah Bunda pernah mengalaminya? Jangan takut menghadapi keadaan seperti ini Bunda. Itulah tahap yang harus mereka lewati. Sebagai orangtua, perlu mengarahkan dan membimbing buah hati setiap saat. 

Namun, tak sedikit orang tua yang membatasi bahkan melarang balitanya bermain, padahal menurut seorang psikolog, balita yang dalam memasuki periode emas (goden age) sebaiknya jangan dipaksa untuk berhenti melakukan yang ia inginkan. Hal itu diungkapkan psikolog anak, Dra Ratih Andjayani Ibrahim, MM. 

Selain itu, kata Ratih, memaksa anak belajar seperti anak sekolah justru keliru. "Orang tua sebaiknya tidak melarang anaknya yang berada dalam periode usia emas, untuk bermain dan memaksa mereka belajar secara stuktural," ujar Ratih . 

Menurut Ratih, pada periode usia emas, anak belum mampu untuk belajar secara lebih terstruktur. Bermain adalah salah satu cara belajar yang menyenangkan untuk anak. "Pada periode usia emas antara satu hingga lima tahun, anak akan lebih mudah mengerti instruksi dan belajar melalui pola permainan," kata dia. 

Dijelaskannya, bermain akan memudahkan stimulasi sensor motorik, afeksi, serta kognitif. "Permainan yang dimaksud bukan melulu permainan dengan alat teknologi ya, tapi bentuk permainan konvensional yang pastinya dapat melatih aspek sosial dan individual anak," ujar Ratih seraya menambahkan bermain adalah hak asasi anak yang harus terpenuhi. 

Seperti yang sering Ayah Bunda dengar, biarkan mereka "Bermain sambil Belajar". Apabila mereka dipaksa untuk belajar, hal tersebut akan mempengaruhi pada perkembangannya. Misalnya, takut belajar, takut melihat gurunya, bahkan sampai tidak mau sekolah (PAUD) lagi.
Oleh karena itu, perlu perhatian khusus Ayah Bunda untuk selalu mendampingi, membimbing, mengarahkan si kecil untuk bermain sambil belajar.


Solusi Ayah Bunda Bekerja, Tempat Penitipan Balita Aman, Nyaman dan Edukatif
Penuhi Periode Emas (Golden Age) Balita Ayah Bunda Disini

Popular Posts