Sejak Dalam Kandungan Si Kecil Sudah Mulai Sekolah Lho Bunda, Tidak Percaya?

tempat penitipan balita di pusat kota pekanbaru
Kandungan, Sekolah Pertama Anak
Stimulasi kecerdasan pada anak ternyata tidak hanya bisa dilakukan setelah ia lahir, tapi juga bisa dilakukan semasa si kecil dalam kandungan. Menurut Dr.John Medina dalam bukunya Brain Rules for Baby: How to Raise a Smart and Happy Child from Zero to Five, usia kehamilan mencapai empat bulan, sel-sel otak mulai bertumbuh dengan cepat. 

Apa yang membuat otak janin dalam kandungan terstimulasi? 
Dr Medina menyarankan para calon bunda melakukan sejumlah aktifitas berikut ini untuk perkembangan otak calon bayi

1. Mengajak bicara 
Jangan malu dan segan meluangkan waktu berbicara pada “perut” Bunda. Bicaralah dengan suara lembut, supaya calon bayi mengenal suara Bunda. Ajak juga sang Ayah untuk melakukan hal sama. Ayah bisa berbicara dengan calon bayi dengan jarak berdekatan dengan perut Bunda. 

2. Mendongeng 
Selain bicara, Bunda juga bisa mendongeng untuknya. Aktiflah saat mendongeng agar si kecil mengenal berbagai kosa kata baru meskipun masih ada di dalam kandungan dan belum tahu artinya. 

3. Menyanyikan lagu 
Tak perlu malu meski suara Bunda tak semerdu Celine Dion, sering-seringlah menyanyikan lagu untuk calon bayi Bunda. Tak hanya bisa menstimulasi otaknya, aktivitas ini juga dapat menenangkannya. Jika sedang tidak ingin menyanyi, Bunda juga bisa memperdengarkan si kecil dengan musik. Tak melulu musik klasik, lagu favorit Bunda yang easy listening juga dapat jadi pilihan. Cara ini sekaligus bisa membuat perasaan Bunda tenang dan happy

4. Mengelus perut 
Usapan-usapan pada bagian perut Bunda ternyata mampu menstimulasi kecerdasan si kecil. 

5. Beri cahaya pada “perut” 
Janin Bunda akan sensitive pada cahaya sejak kandungan berusia 24 minggu. Jika Bunda menyinarkan “perut” Bunda dengan senter, calon bayi dapat merasakannya. Biasanya responsnya berupa tendangan darinya. Lakukan aktivitas ini selama 5 menit dengan bantuan Ayah yang memegang senter. 

6. Berdoa 
Luangkan waktu untuk berdoa. Berdoalah dengan mengucapkan doa-doa (tidak hanya di dalam batin). Hal ini juga sangat penting untuk menstimulasi kecerdasan calon bayi, terutama kecerdasan spiritual atau eksistensialisnya. 

7. Redam stress 
Ternyata, stress dapat mengganggu pertumbuhan kecerdasan calon bayi. Jadi, sebaiknya pada masa kehamilan mencapai 6 bulan, hindari pekerjaan yang bisa meningkatkan tingkat stress Bunda. Bila calon Bunda stress, janin bisa merasakannya, dan hal ini dipercaya bisa menghambat kecerdasan si kecil. Jadi, usahakan tidak stress dan dapat istirahat cukup, ya Bunda.

Bagaimana dengan bunda, apa yang bunda lakukan untuk menstimulasi calon bayi Bunda ketika masih di dalam kandungan?

Share disini yuukkkk Bunda ;)

Popular Posts