Lewat Seni Anak Lebih Cerdas dan Kreatif

Menurut sebuah studi yang dilakukan Sheridan bersama rekan-rekannya di Project Zero Harvard, sebuah kelompok riset pendidikan, mengungkapkan bahwa berpartisipasi dalam sebuah program kesenian sekolah meningkatkan kemampuan anak untuk : 
1. Mengamati dunia dengan cermat dan menyingkirkan prasangka 
2. Mengimajinasikan sesuatu dan kemudian merealisasikannya 
3. Mempelajari suatu keahlian untuk mengekspresikan pemikirannya sendiri 
4. Memecahkan masalah dan pantang menyerah, meski menghadapi kegagalan 
5. Membayangkan hasil dari kerja kerja kerasnya dan mencari tahu apa yang dapat meningkatkan hasil tersebut. 

Nah, untuk menumbuhkan minat anak terhadap seni, ada beberapa hal yang bisa ayah bunda praktikkan : 
1. Sediakan sarana dan peralatan seni yang sederhana yang mudah didapat dan tanpa perlu menguras kantong. Untuk anak balita misalnya, anda dapat menyediakan peralatan dasar seperti fingerpaint, lilin mainan dan krayon. Untuk anak pra sekolah, anda bisa menambahkannya dengan lem, selotip, gunting, dan kuas. Makin besar anak dan makin besar eksploratif dia, anda mungkin dapat menambahkannya dengan berbagai peralatan lain. 
tempat penitipan anak di pusat kota pekanbaru
Bermain Playdough
2. Biarkan anak bebas berekspresi. Jangan batasi kebebasan anak dengan mendikte bagaimana seharusnya suatu objek dibentuk dan diberi warna. Jika si kecil membuat suatu hal yang tidak biasa menurut anda, cobalah merangsangnya mengungkapkan cerita di balik hasil karyanya. Anak kotor saat melakukan aktivitas seninya? Jangan khawatir, Bunda. Lewat bermain kotor, si kecil bebas berekspresi tanpa harus dibatasi larangan dan omelan anda yang tidak ingin baju, tangan dan wajah si kecil kotor. Yang penting, si kecil membersihkan tubuh sesudahnya dan pastikan kotoran tersebut tidak masuk ke dalam mulutnya.
tempat penitipan anak di pusat kota pekanbaru
Melukis dengan Kelereng
3. Dukung anak kursus seni. Caranya dengan menciptakan lingkungan kondusif untuk si kecil berekspresi juga di rumah. Misalnya, jika si kecil mengambil kursus piano, sediakan juga CD music yang bagus untuk diperdengarkan atau coba dimainkan.

4. Pajang dan dokumentasikanlah hasil karya seninya agar si kecil bertambah rasa percaya dirinya dan makin terpacu untuk lebih ekspresif dan kreatif dengan seni.


Mencari Alamat Penitipan Anak di Pusat Kota Pekanbaru?

Popular Posts