Cerdaskan Balita Ayah Bunda dengan Melakukan 17 Permainan ini

Tempat Penitipan Balita Aman, Nyaman, dan Edukatif
17 Permainan Mencerdaskan
Masa 0-1 tahun adalah masa istimewa bagi bayi, dan bahkan dalam masa perkembangan manusia. Pada masa ini, bayi mengalami perkembangan fungsi organ tubuh dengan sangat cepat. Mulai dari menemukan satu-satunya jalan untuk makan yaitu meminum ASI, kemudian mata mulai dapat mengenali warna dan bentuk, telinga mulai mengenali suara bundanya dan suara-suara lain. Pada masa ini, bayi tertarik dengan apapun yang menimbulkan suara, karenanya ia akan suka diberi mainan yang bersuara, atau suka memukul-mukul benda apa saja akan menghasilkan suara. Tahap berikutnya, menjelang usia 6 bulan bayi mulai belajar mengangkat kepala ketika tengkurap, mulai menggunakan kekuatan lengan dan siku untuk menopang badan ketika mengangkat kepala ketika tengkurap, mulai menggunakan kekuatan lengan dan siku untuk menopang badan ketika mengangkat kepala, dan dada untuk memperluas pandangan. 

Pada tahap setengah tahun pertama ini pula, bayi mulai memperjelas fungsi otak emosionalnya. Ia suadah bisa tertawa, tersenyum, dan merasa gembira jika diajak bermain. Ia juga mulai berani menyapa orang lain dan mengajak bermain dengan menjerit-jerit dan memukul-mukul benda-benda yang bisa diraihnya. 

Setelah lepas masa setengah tahun pertama, ia semakin ingin bergerak, dan semakin ingin seperti ayah dan bundanya. Bayi mulai tumbuh giginya, mulai belajar mengeja suku kata, berkata, “Mama”, atau “Maem”, dan sebagainya. Kemudian mejelang 9 bulan, ia akan belajar berdiri dan tak akan menyerah mesti seringkali gagal dan terjatuh. Inilah bukti semangat belajar dan keyakinan positif seorang anak, yang jika salah dalam pengasuhan berikutnya akan lenyap dan tumbuh menjadi pribadi yang penakut dan pesimis. 

Bayi umumnya sudah mampu berdiri dan melangkah meski goyah, pada usia 1 tahun. Bayi juga sudah mulai bicara meski kadang kata-katanya belum sesuai dengan apa yang ia maksudkan. Pada usia ini, bayi sudah bisa memahami perintah dan larangan, dan memiliki semangat ingin tahu tentang segala hal. 

Berikut ini permainan untuk mencerdaskan anak usia 0-1 tahun :
1. Ci Lu Ba 
2. Mengenal bagian tubuh 
3. Mengenal bagian wajah 
4. Mengenal jari-jemari 
5. Mengenal tubuh sambil bernyanyi 
6. Colek sedikit, sembunyi tangan 
7. Bermain bunyi-bunyian 
8. Menyanyikan warna-warna 
9. Main lempar-lemparan 
10. Ayo menari 
11. Bermain bola 
12. Rebut bola 
13. Tebak gambar binatang 
14. Ayo menyisir rambut 
15. Mengenal halus dan kasar 
16. Membedakan panas dan dingin 
17. Mainkan musikmu

Dari 17 permainan diatas, permainan mana yang ya yang paling sering Ayah Bunda mainkan dengan si kecil? Atau permainan mana yang paling disenangi nya?
Variasikan permainan ketika bermainan dengan si kecil, karena setiap permainan ada manfaat untuk perkembangan si kecil.
Ayo Ajak Buah Hati Ayah Bunda "Bermain Sambil Belajar" disini 

Popular Posts