Apakah Babysitter atau Daycare yang Aman Untuk Buah Hati Ayah Bunda?

Apakah langkah Ayah Bunda selanjutnya apabila kembali bekerja setelah memiliki si kecil

Jika Ayah Bunda akan sibuk bekerja, sementara di rumah ada bayi yang perlu dirawat dengan baik tentu saja akan merasa dilema, terutama bila kepentingan dan kenyamanan bayi yang menjadi hal utama. Dilema makin bertambah bila Ayah Bunda sudah sangat sibuk dengan urusan kantor yang memang tidak bisa ditinggalkan. 

Lalu, bagaimana solusinya?
Kebanyakan dari orang tua akan memilih pengasuhan anak kepada orang lain, yakni seorang babysitter. Ini merupakan pilihan yang paling rasional dan seringkali menjadi jalan keluar yang diambil oleh kebanyakan Bunda yang juga adalah wanita karir. Sebagian Ayah Bunda yang lain memilih untuk menitipkan buah hatinya kepada daycare. Tentu saja banyak keuntungan dan kekurangan dalam hal menyewa babysitter dan memilih daycare. 

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa keuntungan dan kekurangan menyewa babysitter dan memilih daycare:

Tempat Penitipan Anak di Pusat Kota Pekanbaru
Babysitter atau Daycare?


Kelebihan menyewa babysitter: 

1. Baby sitter akan menjaga bayi sepanjang waktu di rumah 
Ketika orang tua berada di kantor, babysitter akan penuh waktu mengurus bayi Ayah Bunda. Tentu saja ini merupakan kelebihan yang sangat baik, sebab anak akan berada di lingkungan yang dikenalnya dengan baik. 

 2. Babysitter dengan segala pengalamannya dapat membantu Ayah Bunda 
Menyewa babysitter dari agen-agen rujukan yang terpercaya membantu menentramkan pikiran orang tua. Sebab kebanyakan agen-agen tersebut sanggup memberi rujukan babysitter yang handal serta mampu mengerjakan segala macam tugas terkait dengan pengasuhan anak

3. Babysitter yang handal dapat mengajarkan berbagai keterampilan pada anak Ayah Bunda 
Babysitter dapat mengajarkan berbagai keterampilan kepada anak Ayah Bunda. Misalnya mengajarkan beberapa kata-kata bahasa Inggris, lagu-lagu anak-anak, dll. Tentu saja jika ini menjadi salah satu di antara prioritas Ayah Bunda, maka anda harus mempekerjakan babysitter yang profesional.

4. Menggunakan jasa babysitter lebih baik daripada daycare 
Baby sitter adalah orang yang mengasuh anak Ayah Bunda di rumah anda. Dibadingkan di tempat penitipan anak, resiko terkena virus atau kuman lebih kecil karena tidak menjadi satu dengan anak-anak lainnya. Belum lagi perhatian pengasuh di tempat penitipan anak tidak bisa diberikan sepenuhnya kepada anak karena ada banyak anak yang harus mereka asuh dan beri perhatian. 

Kekurangan menyewa babysitter:

1.Ada jarak yang tercipta antara Bunda dan anak. 
Karena ibu lebih banyak di kantor, komunikasi antara Bunda dan anak akan menjadi renggang. Dan yang selalu bersama anaka adalah babysitter. Yang berarti bahwa masa–masa tumbuh kembangnya anak lebih banyak berada pada kepengawasan orang lan daripada Anda sendiri sebagai orang tuanya. Solusinya adalah alokasikan lebih banyak waktu untuk bersama anak Ayah Bunda, dan menggunakan waktu tersebut sebagai waktu yang berkualitas untuk membangun komunikasi dan hubungan bersama anak

2. Tidak semua babysitter bisa dipercaya. 
Bagaimana jika seorang anak hanya ditemani seorang babysitter tanpa ada pengawasan dari anggota keluarga lainnya? Tidak ada yang tahu apa yang dilakukan oleh seorang babysitter terhadap anak Ayah Bunda, apalagi jika anak Anda tipe anak yang sulit, dan mudah rewel. Oleh karenanya Bunda mesti bertindak selektif ketika memilih baby sitter. Solusinya, cobalah tinggalkan anak bersama dengan nenek atau kakeknya selama Ayah Bunda bekerja. Ini akan membantu meminimalisir kecemasan Ayah Bunda. 

3. Upah untuk baby sitter. 
Upah untuk jasa seorang babysitter kini cukup tinggi. Tentu ini tidak jadi masalah jika Ayah dan Bunda memiliki penghasilan yang besar. Namun jika keluarga Anda sendiri memiliki pendapatan yang pas-pasan (apalagi kurang untuk kebutuhan bulanan), tentu ini akan jadi masalah. Jadi pastikan Ayah Bunda memang mampu mempekerjakannya, dan tidak ada masalah dengan kondisi finansial keluarga. 

4. Care mendidik anak yang berbeda antara Ayah Bunda dan babysitter 
Walaupuan Ayah Bunda telah berusaha untuk memilih babysitter yang cocok dengan kriteria keluarga Anda. Namun seringkali Ayah Bunda dan babysitter memiliki cara mendidik anak yang berbeda.

Berbeda halnya dengan daycare atau tempat penitipan anak. 
Apa sajakah manfaat menggunakan daycare atau tempat penitipan anak? Berikut empat di antaranya: 

1. Anak belajar lebih mandiri. 
Di daycare, anak harus “berbagi” guru/pengasuh dengan teman-temannya. Lingkungan daycare membuat anak belajar bahwa ia harus bisa mengurus dirinya sendiri, dari makan sendiri, memakai pakaian sendiri, hingga tidur sendiri. Meskipun begitu, anak tahu bahwa sewaktu-waktu ia dapat minta bantuan guru/pengasuh. 

2. Anak belajar bersosialisasi dengan teman seusianya. 
Daycare sama seperti sekolah, di mana banyak anak seusianya berkumpul. Dengan sering bertemu dan bermain bersama teman-teman, anak belajar banyak hal tentang pertemanan, berkomunikasi, bekerja sama, berbagi, tolong-menolong, masalah dan penyelesaian masalah. Manfaat menggunakan daycare membuat sosialisasi anak optimal

3. Anak menyadari bahwa di luar rumah ada lingkungan lain yang tak kalah menyenangkan. 
Jika selama ini anak lebih sering di rumah bersama pembantu, maka membawanya ke daycare bisa jadi pengalaman seru bagi anak. Berganti lingkungan juga dapat menguji kemampuan anak dalam hal menyesuaikan diri; apakah ia mudah menyesuaikan diri (langsung bermain begitu bertemu teman baru) atau butuh waktu untuk menyesuaikan diri (diam dan mengamati sekitar beberapa saat, baru bermain). 

4. Anak mendapatkan stimulasi lebih banyak dan merangsang proses tumbuh kembangnya. 
Di daycare ada beragam program yang diberikan pada anak sesuai usianya. Aktivitas anak menjadi lebih beragam dan terarah karena memang diberikan oleh guru/pengasuh yang relatif terlatih. Selain itu, aktivitas harian di daycare juga membantu anak membentuk rutinitas, seperti jam berapa harus makan, tidur, mandi, dan bermain. 

Keuntungan lain dari menitipkan anak di tempat penitipan anak (daycare), yakni: 

1. Aktivitas 
Anda tak perlu khawatir dengan kegiatan anak di daycare. Anak biasanya mendapat jadwal kegiatan sesuai kebutuhan dan usia

 2. Menu sehat 
Makanan yang disediakan pada jasa penitipan anak biasanya tak hanya bervariasi, tapi juga memiliki perhitungan nutrisi dan kesehatan. Pemberian makan pun sesuai jadwal, yaitu tiga kali sehari ditambah snack dan buah-buahan segar. 

3. Pengasuh 
Mereka tentu selalu dalam pengawasan manajemen yang profesional. Tak hanya sabar dan telaten, mereka juga umumnya memiliki kemampuan menjadi teman bermain yang cerdas untuk buah hati Anda. Di beberapa daycare, pengasuh bahkan mendapat bimbingan psikolog dan pelatih profesional. Itulah mengapa banyak lebih mempercayakan anak di daycare daripada babysitter atau pembantu di rumah. 

4. Permainan edukatif 
Anak-anak diajar mengenai kemampuan dasar seperti menggunakan toilet, mencuci tangan, menyikat gigi, dan makan di meja makan dengan cara yang tepat. Ini dilakukan untuk membiasakan anak menjadi lebih mandiri. Pendidikan moral dan tata krama juga biasanya menjadi perhatian. 

5. Fleksibel 
Menitipkan anak di daycare bukan suatu ikatan. Banyak daycare yang menawakan program sesuai kebutuhan konsumen: harian, mingguan, atau bulanan. Tarifnya bervariasi tergantung fasilitas. Ada yang mematok Rp125-Rp180 ribu per hari. Ada pula yang sampai Rp2,5 juta per bulan. 

Kekurangan daycare atau tempat penitipan anak yang akan Ayah Bunda alami adalah Ayah Bunda terpaksa harus pulang ontime untuk menjemput anak di daycare. Ini membuat Ayah Bunda harus terburu-buru mengerjakan tugas kantor dan tidak bisa mengambil waktu lembur. Jika Ayah Bunda terpaksa lembur, maka resikonya anak terlambat dijemput. Kebanyakan daycare yang ada, mengenakan biaya tambahan untuk keterlambatan penjemputan yang sudah disepakati. Selain itu, kalau Ayah Bunda memilih daycare, maka harus siap dengan kemungkinan anak tertular penyakit dari anak-anak yang berada di tempat penitipan anak. Misal, di daycare ada satu anak yang sedang batuk pilek, besar kemungkinan anakmu juga jadi sakit. 

Jadi pilih mana daycare atau babysitter, Bunda? Itu semua juga tergantung dari kompromi Bunda dengan suami.

KLIK DISINI untuk Tempat Penitipan dengan sistem PAUD dan memiliki kurikulum Babyschool yang terpantau CCTV.

Popular Posts