Jumlah Tidur yang Tepat Untuk Buah Hati Ayah Bunda

Tahukah Ayah Bunda, jumlah tidur yang dibutuhkan buah hati berbeda-beda sesuai usianya. Sudah cukupkah waktu tidur buah hati Ayah Bunda

Bayi memiliki kebiasaan lama tidur yang berbeda. Hal ini tergantung dari banyak faktor, termasuk salah satunya adalah berdasarkan usia dari bayi itu sendiri. Pada usia awal-awal kelahirannya, bayi tentunya memiliki jam tidur yang paling lama. Kemudia seiring usia bertambah, bayi mulai mengurangi jumlah jam tidurnya. 

Selain itu kebiasaan yang diterapkan oleh orang tuanya mengenai jam tidur, juga menjadi faktor penentu kebiasaan tidur anak. Oleh karena itu, orang tua diharapkan memiliki peran yang aktif dalam mebentuk pola tidur bayi yang baik. Secara bertahap seiring dengan meningkatnya usia, maka makin sedikit waktu tidur yang dibutuhkan anak

Namun pada dasarnya seorang anak membutuhkan banyak waktu tidur. Jika anak kurang tidur, dampaknya, anak akan cepat lelah, kurang konsentrasi bahkan kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya disekolah.

Menciptakan rutinitas tidur anak tidaklah terlalu sulit, jika buah hati Ayah Bunda mulai rewel dan menggosok-gosok matanya, segera letakan ditempat tidurnya. Bagi sebagian anak, musik, cahaya yang redup dan cerita pendek dapat menjadi penghantar tidur yang baik. 

Untuk anak usia 3 tahun keatas, tidur siang mungkin menjadi pilihan kedua setelah bermain. Untuk mengatasinya, misalnya, berikan anak Bunda buku cerita, agar ia dapat bermain tenang dan tidur dengan sendirinya. Jangan khawatir jika anak Bunda tidur siang, selama jumlah jamnya tidak berlebihan, hal ini tidak akan mengganggu jam tidurnya dimalam hari. Anak yang rajin tidur siang, akan lebih tenang dan nyenyak saat tidur dimalam hari. Anak yang jarang tidur siang dan sangat kelelahan, justru akan sering terbangun dimalam hari. 

Bila jumlah tidur anak tidak mencapai jumlah di atas, dapat dikatakan kualitas tidur anak akan menurun. Ciri anak yang kurang waktu tidur, antara lain yaitu selalu tidur bila naik kendaraan, bangun pagi harus dibangunkan, dan rewel di siang hari. Untuk mengubah pola ini, Ayah Bunda harus membantu anak terbiasa tidur yang baik dengan mengatur waktu tidur yang tepat.


Mencari Jasa Penitipan Anak yang Aman dan Nyaman bagi si Kecil?
Semua Kegiatan Buah Hati Terpantau CCTV ^_^

Popular Posts