5 Gerakan Senam Ini Memudahkan Persalinan Ibu Hamil

Assalamualaikum,, 

Apa kabar Bunda?
Mungkin Bunda pernah mendengar mengenai senam hamil. Yaakk,, saat ini senam hamil dapat bunda lakukan di beberapa rumah sakit ibu dan anak yang menyediakan senam hamil. Manfaat Senam Hamil adalah yang utama adalah menjaga kondisi bagian tubuh yang berperan dalam proses persalinan normal. Berikut ini kami akan menyampaikan beberapa gerakan senam hamil untuk memudahkan persalinan bunda yang sedang hamil : 

1. Senam kegel 




Senam Kegel adalah senam perenggangan dan menguatkan panggul ibu hamil karena melatih dan menguatkan otot-otot dasar panggul agar melahirkan lebih mudah. Selain itu, senam ibu hamil ini melatih otot di sekitar uretra, kandung kemih, rektum dan rahim. Gerakan ini dapat dilakukan baik sedang duduk maupun berdiri. Durasi berkisar 3-10 detik, ulangi latihan 4 kali sehari. 

2. Jalan kaki 


Selain senam ibu hamil, sering-seringlah berjalan kaki karena dapat mengurangi waktu persalinan. Lakukanlah terutama pada trisemester ketiga karena membantu posisi bayi agar masuk ke jalur lahir. 


3. Senam Jongkok 


Senam ibu hamil ini adalah dengan posisi punggung lurus dan pelan-pelan menurunkan badan sampai posisi jongkok, tahan 10 detik dan kembali ke posisi berdiri. Ulangi gerakan ini beberapa kali sehari memperkuat otot paha dan perenggangan otot panggul sehingga lebih memudahkan ibu hamil untuk melahirkan

4. Miringkan panggul 


Senam ibu hamil memiringkan panggul dapat meningkatkan kekuatan otot perut dan meredakan sakit pinggang terutama trimester ketiga. Posisi merangkak dengan kepala sejajar punggung. Tengadah ke atas sambil menarik nafas melepas nafas. Lakukan dengan santai. Berlatihlah rutin beberapa kali sehari. 

5. Pose Tailor 


Pose tailor yang disebut pose kupu-kupu dalam yoga adalah dengan duduk di lantai dan punggung lurus dinding. Kedua telapak kaki saling menyentuh rapat dan dorong lutut ke arah bawah menyentuh lantai. Manfaatnya adalah untuk melatih otot paha menghilangkan stres punggung bawah ibu hamil. Lakukan posisi ini 10-20 detik dan ulangi beberapa kali sehari.

Demikian beberapa gerakan senam hamil untuk memudahkan persalinan Bunda yang sedang hamil.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah, Bunda !


Ayah Bunda bekerja dan bingung mau menitipkan anak dimana?
Klik Disini tempat penitipan anak yang aman, nyaman, dan edukatif. 

Popular Posts