Buku Bacaan yang Tepat Untuk Buah Hati

Persiapkan Balita Ayah Bunda untuk menjadi Balita yang cerdas Intelektual, Emosional, & Spiritual. Masa Balita adalah masa keemasan. Masa ini merupakan waktu ideal untuk mempelajari keterampilan dasar, membentuk kebiasaan-kebiasaan, serta memperoleh konsep dasar yang berpengaruh pada masa kehidupan selanjutnya.

Ayah Bunda perlu tahu bahwa kegiatan membaca ini tidak bisa kita paksakan kepada anak-anak. Yang paling penting itu adalah menanamkan budaya membaca, ciptakan di dalam dirinya untuk cinta buku dan cinta membaca

Tipe anak dalam belajar membaca 
Mengajarkan membaca juga tentu ada tekniknya. Sebelum mulai mengajari membaca, lebih baik jika kita mengenali dulu bagaimana sebenarnya tipe berpikir anak kita. Banyak anak yang mengalami kesulitan membaca, padahal masalah sebenarnya ada di teknik mengajar

a. Visual learner 
Anak lebih cepat dan kuat hafalannya bila diajarkan dengan simbol yang menarik dan tegas. Kemungkinan besar anak akan kesulitan belajar membaca di sekolah umum yang kebanyakan sistem KBM-nya (Kegiatan Belajar Mengajar) tidak bersahabat dengan anak-anak visual learner. Padahal anak-anak visual learner adalah pembelajar cepat dan rata-rata memiliki ingatan yang kuat. Untuk mengajarinya membaca, justru kita harus memanfaatkan kekuatan visualnya. Pergunakan gambar-gambar dan logo. Ajak mereka untuk memvisualisasikan apa yang dibaca. Rata-rata anak visual learner dapat membaca sendiri tanpa diajari hanya dengan melihat. Secara otomatis mereka menghafal dan mempelajari pola. 

b. Auditory-learner 
Anak lebih cepat dan tertarik bila disampaikan dengan penyampaian kalimat yang jelas keras dan berulang. Dan hal ini kini adalah mayoritas di dunia,yaitu sistem fonetik. Sistem ini mengajarkan mengenal huruf lewat cara mengucapkannya, a=eh, b=beh, dsb. Teorinya memang untuk cara pikir otak yang berbeda seharusnya digunakan teknik belajar yang berbeda pula, tetapi di dunia nyata hampir semua sekolah sekarang mengajarkan baca dengan sistem fonetik. 

Tanamkan Budaya membaca 
Yang penting untuk anak usia dini bukanlah mengajar membacanya, tetapi mengajarkan budaya membaca. Belum tentu anak yang bisa membaca lebih dahulu akan suka membaca. Anak sekarang lebih hebat lagi bisa hafal alfabet umur 1 tahun dan sekarang sudah baca kata-kata yang sering dia lihat lewat media visual seperti TV dan buku cerita. 

Yang terjadi adalah, sebagai seorang visual learner, dia belajar sendiri. mulailah dari alfabet, dan membaca cerita bergambar, karena sering diliatin gambar lengkap sama tulisannya di bawah. Jadinya dia tahu kata apple itu dibaca apple. tetapi jangan pernah memaksa anak, dibuat fun saja.  

Jadi sebenarnya dia belum bisa baca, cuma sekadar hafal. Kenapa nggak sekalian aja terus diajarin? Stimulasi sih terus diberikan, karena kebanyakan anak adalah late talker. Sekali lagi untuk tidak memaksa. Kalau anak yang mulai, dia yang suka.ya dibiarkan saja , karena itu kan perkembangan . 

Berikut ini video tentang buku yang tepat dibaca anak-anak !
Ayah Bunda juga dapat membacakan buku ini dengan ekspresif dan menyenangkan :)


Popular Posts